Sabtu, 23 Agustus 2014

Inilah Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja


Sesi Wawancara kerja biasanya menjadi momok yang membawa beban mental tersendiri, bila kita tidak punya persiapan maka jangan harap bisa diterima diperusahaan tempat anda melamar kerja. Berikut ini beberapa persiapan yang perlu anda lakukan agar sukses melewati wawancara kerja

1. Ketahui Informasi Perusahaan
Ini adalah langkah pertama yang sangat penting, carilah informasi tentang perusahaan yang anda masuki, ketahui juga posisi / bagian yang akan anda lamar. Untuk melakukannya dapat dengan menggunakan internet, atau bila anda punya kenalan di perusahaan tersebut, jangan ragu untuk bertanya seputar perusahaan itu.

2. Sarapan
Pastikan perut tidak kosong saat akan menghadapi wawancara kerja. Salah satu manfaat dari sarapan adalah Membantu Menyegarkan Otak, Otak akan mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak dapat berpikir lebih baik dan cepat. Selain itu sarapan pagi juga meningkatkan konsentrasi, dan ini penting saat wawancara kerja

3. Jadilah Diri Sendiri
Menjadi diri sendiri sangat penting, anda tidak perlu terlihat hebat dimata pewawancara. Tampillah apa adanya, tunjukkan optimisme dan keyakinan anda.

4. Selalu Tersenyum
Anda tau, bahwa ternyata dengan tersenyum dapat membuat hati dan pikiran lebih tenang dan rileks. Selain itu dengan tersenyum, lawan bicara anda pun (pewawancara) akan mendapat aura positif dan nyaman dari diri anda. Bila hal ini terjadi, suasana yang tegang bisa berubah menjadi lebih bersahabat. smileee ^_^

5. Tatap Mata Lawan Bicara (Pewawancara)
Hal ini akan membuat anda terlihat percaya diri, Dengan melakukan kontak mata pada lawan bicara anda dapat membuat hubungan pembicaraan menjadi lebih baik. Namun juga bukan dengan menatapnya (terus menerus), karena akan membuat lawan bicara anda menjadi kurang nyaman.
Jika anda tidak terbiasa melakukan kontak mata pada lawan bicara anda, memang anda akan merasakan ketidaknyamanan pada saat pertama kali.
Jangan keseringan melihat ke arah lain seperti melihat ke atas, ke langit-langit, ke arah jendela, dan lain sebagainya.

6. Kuasai Bahasa Tubuh
Sangat penting untuk menguasai bahasa tubuh, karena bahasa tubuh menggambarkan sifat dan karakter anda, bila dalam sesi wawancara, anda melipat tangan anda, maka pewawancara akan berpikir bahwa anda adalah orang yang tertutup. Jelas ini akan menjadi penilaian yang kurang baik. 

7. Persiapkan dan Perkirakan Setiap Pertanyaan dan Jawaban
Buatlah sebuah daftar pertanyaan dan jawaban, yang kira-kira akan muncul di wawancara tersebut. Misalnya tentang pengalaman kerja sebelumnya, pertanyaan seputar gaji yang diminta, dan lain sebagainya. Pastikan anda bisa memiliki jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan seperti itu

8. Doa
Ya benar sekali, berdoalah sebelum melakukan wawancara. Doa pun bisa menjadi sugesti yang baik, dan membuat pikiran anda tenang.

Salam sukses selalu ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

 
Copyright © 2011. Perpustakaan Kita Semua . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates