Rabu, 27 Maret 2013

Tinggalkan Sejenak Gadgetmu



Di zaman yang semakin canggih sekarang ini, bermunculan perangkat-perangkat elektronik dengan kemampuan yang memukau. Entah itu TV, Handphone, Tablet, dan lain sebagainya. Gadget-gadget tersebut memang sangat membantu baik saat bekerja maupun ketika liburan. 

Meskipun bermanfaat dalam kehidupan, ternyata gadget juga memiliki efek negatif bagi pemakainya. Seorang yang sering menggunakan gadget, berpeluang besar mengalami penurunan kemampuan intelektual dan kreatifitas. Selain itu gadget pun menimbulkan kecanduan yang cukup berbahaya. Beberapa kecanduan alias sindrom akibat penggunaan gadget berlebihan yaitu:

1. Kecanduan internet
Ini terjadi akibat pemakaian internet yang berlebihan secara terus menerus. Perlu diketahui bahwa kecanduan internet bisa menyebabkan masalah sosial dan memengaruhi kehidupan sehari-hari penderita. Kecanduan internet membuat orang menjadi merasa wajib membuka internet terus menerus.

Meskipun kecanduan internet ini belum diakui sebagai penyakit oleh Asosiasi Psikiatris Amerika Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM), namun sebaiknya perlu dihindari.


2. Sindrom phantom vibration
Merupakan suatu perasaan atau halusinasi yang seakan-akan merasa ponsel bergetar, padahal sebenarnya tidak. Jika Anda sering mengalami hal tersebut, maka bisa jadi sudah terkena sindrom phantom vibration. Sindrom tersebut terjadi akibat halusinasi sensor yang masih melekat di tubuh atau fungsi otak pengguna ponsel.

Menurut buku karangan dari Larry Rosen, Idisorder, menyebutkan bahwa 70% orang yang selalu menggunakan perangkat bergerak sudah mengalami gejala phantom vibration.

3. Kecanduan media sosial 
Facebook dan Twitter sudah menjadi bagian dari hidup sebagian orang terutama kawula muda. Menurut hasil penelitian University of Chicago Booth School of Business yang melibatkan 250 responden menyebutkan kebiasaan mengecek situs jejaring sosial dan membuat status lebih sulit disembuhkan daripada kecanduan pada alkohol atau rokok

4. Kecanduan video game
Kecanduan pada video game disebabkan oleh kebiasaan bermain game yang dilakukan setip hari. Dengan begitu akan menjadi ketagihan bermain video game juga dapat berdampak serius pada orang yang melakukannya.


Namum para ilmuwan dari University of Utah telah menemukan bahwa jika menghabiskan beberapa waktu di luar rumah jauh dari segala macam gadget, secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan intelektual manusia. Klaim sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Public Library of Science.


Pertama kalinya bahwa para peneliti telah mampu menghubungkan keterampilan mental untuk tinggal di luar. Fakta bahwa pengguna ponsel pintar dan gadget lainnya beresiko permanen membunuh kreativitas. Semua karena fakta bahwa gadget modern mengganggu korteks prefrontal, yang bertanggung jawab untuk mengalihkan perhatian. Akibatnya, orang yang tidak biasa di alam, mulai datang dengan gambaran baru dan ide-ide dari buruk menjadi lebih buruk. 

"Penelitian menunjukkan bahwa kadang-kadang Anda harus meninggalkan iPhone dan perangkat teknologi lainnya dan memberikan otak Anda istirahat," kata David Shtraer, seorang profesor psikologi di University of Utah.

Dalam studi tersebut, 24 orang dewasa Amerika melanjutkan perjalanan lima hari tanpa membawa perangkat gadget. Sebanyak 32 orang menjalani kehidupan normal mereka.

Setelah kembali dari perjalanan, ilmuan menguji kreatifitas para relawan yang terdiri dari dua kelompok. Ditemukan bahwa peserta tanpa gagdet kapasitas mental mereka rata-rata naik 6,08 poin pada skala sepuluh poin, sedangkan kelompok kedua hanya 4,14 poin.

Sumber : info-bos.blogspot.com - hargatabletterbaru.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

 
Copyright © 2011. Perpustakaan Kita Semua . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates